Download UU No 42 Tahun 2009 Tentang PPN & PPnBM

Nah walaupun UU ini berlakunya tanggal 01 April 2010 tapi tidak ada salahnya anda punya dulu UU No. 42 Tahun 2009 tentang PPN & PPnBM ini terus anda dipelajari tambah mantap lagi kan :)

Oke deh kalo anda udah ‘g sabar pengen download tuh UU silahkan sedot disini file dalam bentuk PDF (21.256 KB) sudah termasuk penjelasan.

Semoga bermanfaat ya… leave your comment after you finished download that file :D

About these ads

54 responses to this post.

  1. Posted by Waluyo el Hakim on November 20, 2009 at 6:49 am

    Makasih, atas info dan kesempatan download-nya.

  2. Ijin sedot yah

  3. Posted by april on November 30, 2009 at 12:19 am

    thx. tak donlod ya…?

  4. Posted by Opikz on Desember 1, 2009 at 2:02 am

    Nice Inpoh…..
    Ijin Unduh Gan………

  5. Posted by Pipit on Januari 7, 2010 at 8:46 am

    Ijin dnwld ya………..thankx

  6. selamat siang…

  7. Posted by triono susatiyo on Januari 10, 2010 at 11:02 am

    Met sore, mohon ijin sedot UU PPN

  8. Posted by nalakero on Januari 11, 2010 at 10:23 am

    ijin mengunduh ya… :)

  9. Posted by doddy deejay on Januari 11, 2010 at 10:52 pm

    ijin sedooott gaan.. :-)

  10. Posted by Susilo Dimyati on Januari 31, 2010 at 11:04 pm

    Dh,

    Mohon bantuan bagaimana untuk wadaha seperti Yayasan,
    terima kasih

  11. yepz, thank you, i will download your free software immediately

  12. Posted by Dyah Wahyuni on Februari 5, 2010 at 3:24 am

    Thanks infonya…

  13. Mampirr, slm knal yaaa… please follow me, I’ll follow u + tar aq taro link u di Friends’ Links q … tq

  14. Posted by nank on Februari 9, 2010 at 1:51 am

    makasih atass kesempatan downloadnya

  15. Posted by Bizma alfajri on Februari 16, 2010 at 12:48 pm

    thanks ya…

  16. Posted by budi on Maret 15, 2010 at 8:16 am

    Terima Kasih buanyak yah

  17. Posted by deni on Maret 19, 2010 at 3:47 am

    Thanks

  18. Posted by Rino on Maret 28, 2010 at 2:44 pm

    Minta ijin download ya, makasih

  19. Posted by yussach on April 1, 2010 at 7:07 am

    matur nuwun,..bro
    gw download juga dech..

  20. Posted by M. Syafiul Hadi on April 5, 2010 at 8:55 am

    sedot ah…
    matur tengkyu yah..

  21. Posted by Rudy Mulyadi on April 6, 2010 at 12:34 am

    Makasih atas infonya.

  22. haturnuwun….. ngiringan download…

  23. Posted by Teddy S on April 14, 2010 at 3:43 pm

    menurut UU terbaru apakah PPN tidak berlaku untuk makanan di Hotel

  24. @Teddy
    Thanks ya dah mampir…
    udah download kan ?
    di pasal 4A ayat (2)UU No. 42 Tahun 2009 bunyinya seperti ini :
    “Jenis barang yang tidak dikenai Pajak Pertambahan Nilai adalah barang tertentu dalam kelompok barang sebagai berikut:”

    a. barang hasil pertambangan atau hasil pengeboran yang diambil langsung dari sumbernya;

    b. barang kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh rakyat banyak;

    c. makanan dan minuman yang disajikan di hotel, restoran, rumah makan, warung, dan sejenisnya, meliputi makanan dan minuman baik yang dikonsumsi di tempat maupun tidak, termasuk makanan dan minuman yang diserahkan oleh usaha jasa boga atau katering; dan

    d. uang, emas batangan, dan surat berharga.

    Nah pada point c jelas bahwa makanan yang di sajikan di Hotel itu bebas PPN hal ini dimaksud untuk menghindari pengenaan pajak berganda karena sudah merupakan objek pengenaan pajak daerah.
    So kalo nanti anda makan di Restoran atau Hotel tetap ada tagihan PPn 10% (biasanya dengan N huruf kecil)anda jangan sewot itu merupakan Pajak Pembangunan1 yang dipungut oleh Pemerintah Daerah (Pemda)yang kebetulan tarifnya sama 10%.
    semoga bisa membantu

  25. Izin sedot Om. Thx ya

  26. Baru saja dapat alamat ini…terimakasih ya untuk free dl-nya. sekalian salam kenal. Sukses selalu!

  27. Posted by aprilia on April 19, 2010 at 3:37 am

    makasih untuk info nya..tp kalo untuk perusahaan travel angkutan darat…bagaimana dengan ppn nya ? ada yg tau ?? makasih sebelumnya

  28. Posted by adi jaya on April 20, 2010 at 11:53 pm

    @ Teddy
    @ ardhie
    Terima kasih atas tanggapan saudara Ardhie. Saya lihat di internet ada yg mengaku konsultan pajak di situsnya dan mengeluarkan pernyataan bahwa rumah makan,restoran, dll sejenis bukan merupakan objek pajak. dan tidak kena pajak. padahal seharusnya seperti apa yg Saudara Ardhie tulis
    UU 42 th 2009 adl perubahan atas UU 8 th 1983 tentang TENTANG PAJAK PERTAMBAHAN NILAI BARANG DAN JASA DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH. pada pasal 4A seperti yg Saudara Ardhie jelaskan menghapus PPN terhadap item ; a., b., c., dan d.
    Sedangkan pengaturan pajak restoran terdapat dalam UU 28 th 2009 TENTANG PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH yg besarnya maksimal 10% dan ditetapkan dalam masing2 PERDA KAB/KOTA.
    jadi belanja makan minum di restoran dll tidak di kenakan PPN 10% tapi dikenakan PAJAK DAERAH yg besarnya maksimal 10%.
    terima kasih.

  29. @adi
    Trim’s Pak/mas Adi Jaya atas tambahan infonya dan telah sudi mampir disini salam kenal…
    Insya Allah kalo ada waktu sy akan upload UU No. 28 thn 2009 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah.

  30. Posted by andi tjokro on April 21, 2010 at 8:25 am

    Salam kenal bpk2 semuanya,

    Yang mau saya tanyakan adalah apakah produk benih pertanian (bibit jagung, padi atau sayuran) dikenakan tarif PPN menurut UU yang baru ini. karena sangat membingungkan saya sebagai penjual benih (seeds) pertanian. Trims atas bantuannya

  31. @andi
    Pada Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2007 Tentang PERUBAHAN KETIGA ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 12 TAHUN 2001 TENTANG IMPOR DAN/ATAU PENYERAHAN BARANG KENA PAJAK TERTENTU YANG BERSIFAT STRATEGIS YANG DIBEBASKAN DARI PENGENAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI.

    Pasal 2 ayat (2) berbunyi :
    Atas penyerahan Barang Kena Pajak Tertentu yang bersifat strategis berupa :
    a. barang modal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 1 huruf a yang diperlukan secara langsung dalam proses menghasilkan Barang Kena Pajak, oleh Pengusaha Kena Pajak yang menghasilkan Barang Kena Pajak tersebut;
    b. makanan ternak, unggas, dan ikan dan/atau bahan baku untuk pembuatan makanan ternak, unggas dan ikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 1 huruf b;
    c. barang hasil pertanian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 1 huruf c;
    d. bibit dan/atau benih dari barang pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, penangkaran, atau perikanan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 1 huruf d;
    e. dihapus;
    f. dihapus;
    g. air bersih yang dialirkan melalui pipa oleh Perusahaan Air Minum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 1 huruf g; dan
    h. listrik kecuali untuk perumahan dengan daya di atas 6600 (enam ribu enam ratus)watt sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 1 huruf h,
    dibebaskan dari Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai.

    So penjualan benih (seeds) termasuk barang strategis yang dibebaskan dari pengenaan Pajak Pertambahan Nilai.

    semoga bermanfaat…
    monggo kalo ada yang mau menambahkan :)

  32. Posted by AGUSTINUS on April 22, 2010 at 8:05 am

    Beda antara Undang-Undang Nomor 42 tahun 09 dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2000 ap y?terima kasih infonya..

  33. Posted by HARRY on April 26, 2010 at 6:22 am

    Siang Gan…..
    Kayaknya yang disini jago tentang pajak nih…. boleh nanya dong….
    Kenapa sih kita mau makan aja dikenain pajak. Mustinya yang kena pajak adalah restorannya, dan restoran jangan membebani pada pelanggan. Menurut Juragan2 bagaimana ????? thank for your share

  34. @Harry
    Thanks gan dah mampir ke saung ane…
    sorry gan ane ‘g jago pajak msh terlalu junior dlm hal pajak…cuma ane senang aja kalo bs share ttg sesuatu yg bermanfaat syukur – syukur kalo ada yang lebih tau mau ikut berbagi…
    o ya balik ke pertanyaan agan harry ttg makan di restoran koq kita (konsumen yg kena) bukannya pemilik restoran yg kena pajak. Di UU No 28 Tahun 2009 tetang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Pasal 38 bunyi :
    ayat 1 Subjek Pajak Restoran adalah Orang Pribadi atau Badan yang membeli makanan dan/atau minuman dari Restoran.
    ayat 2 Wajib Pajak Restoran adalah Orang Pribadi atau Badan yang mengusahakan Restoran.

    So karena yg jd Subjek Pajaknya kita (konsumen) ya bagi sering makan di Restoran harus bayar gan sedangkan yg merupakan Objek Pajaknya adalah Pelayanan yg disediakan oleh Restoran ( Pasal 37 ayat (1) UU No. 28 Tahun 2009).
    Kalo ane sih lebih sering makan di Pecel Lele jd msh aman blom kena Pajak wkwkwkwkwk…..

  35. [...] Down load :  UU PPN dan PPnBM Terbaru No 42 Tahun 2009 [...]

  36. Posted by yudith on Mei 17, 2010 at 7:18 am

    thanks unduhannya

  37. Posted by Alvin on Mei 20, 2010 at 6:39 am

    Thanks yah agan Ardhi atas informasinya dan komentar2nya, sangat membantu pembuatan skripsi saya…=)
    Oh iya gan…ane mau nanya, brarti kalo 1 perusahaan yang memproduksi makanan,dan dia beli kentang dari petani Indonesia berarti :
    a. dia bebas dari PPN ya?
    b. Pajak apa yang dapat dikenakan atas pembelian kentang tersebut?
    c. Bagaimana kalo dia impor bahan baku kentang tersebut dari luar negeri?

    thx skali lg…

  38. Posted by Mas Gining on Juni 16, 2010 at 2:29 pm

    Terimakasih atas diijinkannya download UU PPN 2009 ini. Saya Mau tanya:
    1. Apabila saya melakukan pembelian atas barang kena pajak kemudian saya memperoleh potongan-potongan/rabat/bonus (baik berupa uang tunai maupun barang)yang saya terima beberapa waktu kemudian (baik sebelum maupun sesudah pembelian tersebut saya lunasi (termasuk PPN nya), apakah potongan tersebut diperlakukan sebagai penghasilan saya atau sebagai koreksi (pengurang) atas harga beli barang kena pajak?
    2. Apabila diperlakukan sebagai koreksi (pengurang) atas harga beli, apakah saya berhak memperoleh pengembalian PPN Masukan dari suplier saya (khususnya apabila saya sudah membayar lunas pembelian tersebut (termasuk PPNnya?

  39. Selamat sore pak ardhie. Salam Kenal. Saya mau tanya.
    Untuk penjualan pulsa elektrik atau server pulsa elektrik apa dikenakan pajak juga dan untuk pengusaha server pulsa elektrik apa ada ketentuan khusus mengenai hal ini.

    Terima kasih atas kesediaan pak ardhie menjawab pertanyaan saya.

  40. Posted by denykukar on Oktober 28, 2010 at 2:45 am

    ijin donlot bank..tq

  41. Posted by natalia frisca on November 22, 2010 at 4:57 am

    bagaimana cara download nya??

  42. Posted by diego on Januari 7, 2011 at 11:51 am

    ijin download,thx

  43. Posted by enmut on Februari 3, 2011 at 4:59 am

    kebetulan aku lagi skripsi dan lagi bahas tentang Akuntansi PPN. Aku mau nanya nie uu PPN terbarukan thn 2009 kalo thn 2008 ada ga????
    Thn sblumnya untuk jwbannya. :)

  44. thanks ya link downloadnya.

  45. Posted by mutiara on April 14, 2011 at 5:12 pm

    The file You are looking for… may be deleted by the user or by the Adminstrator !

    ?????

  46. Posted by karno-nano on November 7, 2011 at 9:25 am

    mohon izinnya tuk mendownlot … bang

  47. ijin unduh donks….

  48. numpang unduh dong….

  49. Posted by Ajik on November 15, 2011 at 12:00 pm

    Trim semua infonya sangat membantu sekali buat ku ^_^

  50. trims atas link download ..

  51. Posted by firman on Januari 4, 2012 at 3:49 am

    ijin download ya…

  52. Posted by AUTHIS on Maret 18, 2012 at 12:23 pm

    ijin sedoot gan .
    tq

  53. Posted by emharis duansep on September 27, 2012 at 4:58 am

    ane penjual nasi rumahan, terus dtg dinas pendapatan daerah kota minta pajak pakai acara tawar menawar karena ane ngak ngerti pajak disuruh bayar tiap bulan terpaksa ane bayar tiap bulan apa benar begitu cara membayar pajaknya Gan Mohon dikomentari Trims

  54. Posted by tica on Januari 13, 2013 at 4:01 am

    izin download :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: