Manfaat Biji Tomat Bagi Tubuh

”Assalamualaikum …ayah pulang” ucapku truss mendorong pintu rumah kami yang agak serat, ”Waalaikumsalam…..” teriak anakku yang sulung. ”Asyik ayah pulang, bawa apa yah” tanyanya  sambil mengambil tas yang saya bawa setiap pergi kerja. ”Ntar dulu dong Bang, salam ayah dulu dong” kata istriku sambil mengendong adiknya yang masih berumur 5 bulan, ”ya nih salam ayah dulu nanti di kasi tau ayah bawa apa?” candaku. ”uuuuaaahh….. bawa mobil mac kyu yah” (nama mobil di film cars, lighting mac queen) tanyanya lagi setelah mencium tangan saya. ”Ayah nggak bawa mobilan tapi ayah bawa majalah anak – anak abang pasti suka” Jawab ku. ”Makasi ayah” jawabnya sambil berlalu membawa majalah   

Begitu ke ruang tengah saya lihat di atas meja makan kami yang mungil sudah tersedia roti bakar serta segelas jus tomat , karena haus langsung aja saya minum jus tomatnya ”wuiii…. seger ya.. ”ucapku girang. ”Lho kok bijinya nggak dibuang Bun”  kataku sambil melotot  gelas yang berisi jus tomat beserta bijinya. ”Nggak apa – apa diminum aja sekalian bijinya, itu buat obat lo…obat untuk mencegah stroke sama penyakit jantung” jelas istriku.  oohh gtu….. padahal selama ini setiap minum jus tomat bijinya selalu saya buang. 

 

Nih….. ternyata biji tomat itu  banyak manfaatnya dari artikel yang istriku baca  ada penelitian yang dilakukan oleh Rowett Research Institute di Aberdeen, skotlandia seperti dikutip majalah kesehatan Prevention. Asim K Dutta – Roy, PhD, Si peneliti menemukan cairan licin atau

jelly berwarna kuning yang terdapat di sekitar biji tomat, mengandung senyawa atau bahan campuran yang ampuh untuk melawan stroke dan penyakit jantung.

 

Penelitian itu juga menemukan bahwa jika kita meminum juice tomat tanpa

membuang bijinya, maka sekitar 72 persen kita telah mengurangi risiko

terjadinya penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

 

So mulai sekarang saya  tidak akan meremehkan  biji tomat lagi…..

 

Karena penasaran atas penjelasan istri, saya coba cari di internet dengan kata kunci ”khasiat biji tomat” serta kata ”tomat” sebagai bahan referensi bisa klik disini

One response to this post.

  1. Posted by Erna on November 3, 2008 at 6:27 am

    alahmdlh,
    saya makan tomat hampir tiap hari,kecuali seger dan murah meriah emang banyak Vitamin. dan lebih bersyukur lagi ternyata ada manfaat ladin dari bijinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: