Berhenti Merokok, Mungkin nggak ????

Beberapa bulan yang lalu ketika saya pulang ke Palembang dalam suatu kesempatan yang santai di sore hari, saya dengan kakak saya terlibat percakapan ringan tentang rokok, maklum kakak saya termasuk perokok berat dalam satu hari dia bisa menghabiskan 2 (dua) bungkus rokok kretek Djx xxx xxx yang dibandrol seharga Rp. 9.500  karena kebiasaan merokok ini sangat sulit untuk dihilangkan tentu sulit juga buat saya untuk menasehati dia berhenti merokok secara total.

Kebiasaan merokok kakak saya sudah di mulai ketika dia duduk di bangku SMP kelas dua setelah Bapak kami meninggal dunia mungkin karena merasa tidak ada yang mengawasi dan temen – temen seusianya pada merokok semua waktu itu jadi dia ikut – ikutan merokok sampai kecanduan hingga sekarang.

 

Perlu diketahui bahwa rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen bahan kimia, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.

Ø Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.

Ø Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat       karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.

Ø Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

 

Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.  Belum lagi uang yang kita mesti keluarkan untuk membeli rokok yang tentunya tidak sedikit.

O ya waktu kita diskusi saya membuat itung – itungan biaya (uang) yang mesti dikeluarkan oleh kakak saya dalam satu tahun untuk membeli rokok.

 ini dia hitunganya :

1 hari                :  2       bungkus  seharga@ 9.500 x  2        =         19.000,-

1 Minggu          :  7       hari                       19.000  x  7        =       133.000,-

1 bulan             :  30     hari                       19.000  x  30      =       570.000,-

1 tahun             :  365   hari                       19.000  x  365    =    6.935.000,-  

 

Wow… uang segitu banyak cuma buat dibakar. Sorry My brother, just kiding.

 

“Emang untuk berhenti merokok secara total dalam waktu yang singkat itu tidak mungkin”  kata temen saya yang sekarang sudah berhenti merokok tapi itu bisa dilakukan secara bertahap yang terpenting adalah niat bahwa kita ingin berhenti merokok mulai dari jumlahnya kita kurangi yang tadinya  dua bungkus perhari kurangi menjadi satu bungkus truss setengah bungkus sampai keinginan untuk merokok itu hilang, masih kata temen saya alihkan juga perhatian kita pada rokok dengan kegiatan lain yang kita sukai seperti yang hobi olaharaga rajin olahraga, yang hobi menulis rajin menulis dan ingat pada saat kita melakukan kegiatan itu jauhkan pikiran kita dari rokok karena banyak diantara orang yang merokok justru pada saat ada kegiatan (kesibukan) merokoknya semakin kenceng jangan heran kalo ada orang yang tangannya sibuk kerja justru dimulutnya terselip rokok sebagai temen  dia kerja mungkin seperti saya  kalee… ya kalo kerja nggak ada musik jadi nggak semangat kerjanya.  

 

“itu tips gw untuk berhenti merokok kelihatannya mudah ya secara teori tapi prakteknya lumayan berat apalagi yang udah kecanduan berat merokok, mereka lebih baik nggak makan dari pada nggak merokok” katanya.  Oooo yaaa sampe segitunya….

 

Berhenti merokok emang nggak mudah tapi percayalah kalo niat kita udah bulat Insya Allah bisa….

 

For my brother you can do this if you try……thanks  

 

 

 

semua images diatas diambil disini               

4 responses to this post.

  1. Bener deh yang penting NIAT !! Pengalaman pribadi saya dulu sebagai perokok 2 pak perhari ( sama dgn rokok kakak anda..) dapat dihentikan dengan bantuan Buku “Hypnoterapi berhenti merokok” ditambah dengan NIAT !
    Semoga perokok2 yang lain bergabung dengan saya, berhenti merokok …

  2. Posted by Ardhie on Agustus 27, 2008 at 12:32 am

    ayo dong gabung dgn pak Jusuf P “berhenti merokok”

  3. Ada satu ide yang mungkin bisa jadi solusi bagi perokok pasif dan aktif. Yaitu rokok yang menyehatkan. Bisa diklik nama saya … mudah-mudahan … hatur nuhun

  4. Bro n sis yang susah buat berhenti ngerokok.. nih gw ada info buat berhenti merokok..

    Ada tehnik yang sangat cepat dan mudah untuk berhenti merokok yakni SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) yang dikembangkan oleh Ahmad Faiz Zainuddin bersama PT. LoGOS Institute. Dengan menggunakan ketukan pada titik energy meridian hanya dalam waktu 5-50 menit, seorang yang kecanduan rokok tidak mau merokok lagi.
    Adapun tahapannya adalah :

    1. Menghilangkan rasa enaknya rokok. efeknya sangat cepat, rokok rasanya sudah tidak enak, hambar, bahkan bisa sampai muntah jika merokok.

    2. Menghilangkan background emosi yang menyertai. Supaya kebiasaan merokok tidak kembali lagi, maka emosi (faktor psikologis) yang menyertai misal : Jika tidak merokok tidak bisa konsentrasi, setelah makan harus merokok, merokok karena stress dll. maka emosi2 itu dihilangkan juga dengan tehnik SEFT. jika 2 tahapan ini selesai maka perokok akan meninggalkan rokok secara permanent.

    3. Menghilangkan rasa kehilangan kebiasaan merokok (yang sudah menemani bertahun-tahun). ada orang yang punya kebiasaan lain karena hilangnya kebiasaan merokok, misal sering minum yang manis2, dll. Maka hal ini juga bisa diatasi dengan SEFT.

    Sudah ribuan orang yang menggunakan tehnik ini, dan berhasil sangat cepat menghilangkan kecanduan merokok. LoGOS Institute bersama BAZNAS juga pernah memecahkan rekor MURI untuk terapi rokok terbanyak sekitar 1500 pelajar perokok dengan menggunakan tehnik SEFT. dan hasilnya sangat luar biasa.

    Tehnik ini sangat mudah dan bisa dipelajari sendiri oleh setiap orang. Tanpa obat sehingga tidak ada efek samping. Berdasarkan riset ilmiah. Bahkan ada bukunya juga yang ditulis oleh Ahmad Faiz Zainuddin.

    Info SEFT dan buku SEFT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: