10 November 1945, 63 Tahun yang Lalu…

Ini adalah pidato Bung Tomo untuk menjawab ultimatum dari tentara Inggris 63 tahun yang lalu, yang saat itu di pimpin oleh Mayor Jenderal Mansergh setelah terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby 30 Oktober 1945. Isi dari Ultimatum itu sangat membakar emosi rakyat Surabaya waktu itu, bagaimana mungkin semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan di atas. Batas ultimatum adalah jam 6.00 pagi tanggal 10 November 1945.

Ultimatum tersebut tentu saja di tolak oleh Rakyat Indonesia terutama rakyat Surabaya. Penolakan tersebut membuat tentara Inggris geram dengan melancarkan serangan besar – besaran, Inggris mengerahkan 30.000 serdadu, 50 pesawat terbang dan sejumlah Kapal Perang.

Peristiwa berdarah di Surabaya ketika itu juga telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itulah yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan.

Bagaimana dengan kita sekarang masih cintakah kita dengan Republik ini ????? ……. Tentu kita sudah punya jawaban tersendiri untuk mejawab pertanyaan itu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: