Kewajiban Perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP)

Ada temen saya di Palembang,  ceritanya neh temen mau jadi pengusaha 🙂 yang mengharuskan dia kudu punya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), karena dia masih sangat awam tentang pajak dan takut ada sanksi di kemudian hari setelah punya NPWP dia pun bertanya dengan saya tentang kewajiban Perpajakan sebagai Orang Pribadi Usahawan.

Well… sebelumnya selamat broo semoga usaha ente sukses ‘n ntar kalo gw  pulang ke Palembang lo kudu traktir gw 🙂 Pempek Pak Raden yang ada di deket Polda truss Martabak HAR yang ada di seputaran Masjid Agung  ya * lo koq jadi iklan gene*😀

Oks… lanjut, sebenarnya kalo kita teliti kewajiban Perpajakan itu sudah dapat kita ketahui setelah kita memperoleh Surat Keterangan Terdaftar (SKT)dari  Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Kewajiban Perpajakan Orang Pribadi Usahawan agak sedikit berbeda dengan Kewajiban Perpajakan Oranga Pribadi yang berstatus Karyawan :

Kewajiban Pepajakan Orang Pribadi Usahawan

Setelah memperoleh NPWP, Wajib Pajak (WP) memiliki kewajiban antara lain :

Membayar sendiri pajak terutang

Pembayaran angsuran setiap bulan (PPh Pasal 25);

PPh Pasal 25 merupakan pembayaran Pajak Penghasilan (PPh) secara angsuran, hal ini dimaksudkan untuk meringankan beban WP dalam melunasi pajak yang terutang dalam satu tahun pajak. Untuk pembayaran PPh Pasal 25 pada bulan yang bersangkutan dibayarkan paling lambat pada tanggal 15 bulan berikutnya. Sebagai contoh Pajak bulan Januari dibayar paling lambat tanggal 15 bulan Pebruari. Terlambat membayar atau tidak membayar pajak dikenakan sanksi administrasi sesuai UU  Perpajakan berupa sanksi bunga sebesar 2 % perbulan dari jumlah tidak/kurang bayar.

Pembayaran PPh Pasal 29 setelah akhir tahun;

PPh Pasal 29 merupakan pelunasan Pajak Penghasilan (PPh)  yang dilakukan sendiri oleh WP pada akhir tahun pajak apabila pajak terutang untuk suatu tahun pajak lebih besar dari jumlah total pajak yang dibayar sendiri dan pajak yang dipotong atau dipungut pihak lain sebagai kredit pajak. Untuk pembayaran PPh Pasal 29 paling lambat dibayarkan  tanggal 25 Maret setelah berakhirnya tahun pajak. Contoh untuk Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan tahun 2008 pembayaran PPh Pasal 29 dibayarkan paling lambat tanggal 25 Maret 2009. Pembayaran dilakukan setelah tanggal jatuh tempo dikenakan sanksi 2 % perbulan dihitung dari mulai berakhirnya batas waktu penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan sampai dengan tanggal pembayaran (UU KUP No. 28 Tahun 2007 Pasal 9 ayat 2b).                           

Pembayaran pajak dilakukan melalui bank – bank pemerintah maupun swasta dan kantor pos dengan menggunakan Surat Setoran Pajak (SSP) yang dapat diambil di KPP atau KP2KP terdekat secara cuma – cuma.

Melaporkan Pajak yang telah dibayar /Nihil

Nah…  kalo untuk bagian ini lo kudu baca link ini ya

Menyampaikan SPT Tahunan

Setiap awal tahun, Wajib Pajak akan menerima SPT Tahunan (Form    SPT 1770) dari KPP dimana tempat  WP tersebut terdaftar. WP wajib mengisi SPT Tahunan dengan benar, Jelas, dan lengkap. Kalo  mengalami kesulitan dalam mengisi SPT Tahunan  WP dapat berkonsultasi dengan Petugas Pajak di KPP setempat. Nah SPT Tahunan yang udah diisi benar, jelas, dan lengkap kudu dilaporin paling lambat tanggal 31 Maret  tahun berikutnya untuk menghindari sanksi denda terlambat lapor Rp. 100.000,-.

Kewajiban Perpajakan Orang Pribadi Karyawan

Untuk karyawan yang hanya menerima penghasilan dari satu pemberi kerja, kewajiban perpajakannya hanya melaporkan SPT Tahunan saja dengan menggunakan formulir Form SPT 1770S. Karena penghitungan, penyetoran dan pelaporan pajak atas gaji tersebut sudah dilakukan oleh perusahaan sebagai pemotong PPh Pasal 21.

SPT Tahunan orang pribadi karyawan tersebut paling lambat dilaporkan tanggal 31 Maret tahun berikutnya untuk menghindari sanksi denda terlambat lapor Rp. 100.000,-.

Oks… fren  kayaknya cuma itu gambaran dari gw tentang kewajiban lo sebagai Wajib Pajak (WP) setelah lo punya NPWP.  Semoga bermanfaat ya.

Ada yang bisa nambahin ????

Your friend,

…Ardhie…

36 responses to this post.

  1. nah nanti kalo pulang ke palembang jangan lupa aku juga ikut di traktir. pempek pak raden yang di radial aja ya

  2. Posted by Ardhie on Februari 18, 2009 at 1:08 am

    @ easy
    iya di radial ada juga. yang di deket jembatan itukan pernah sekali ke sana waktu pulkam kemrn ada ruangan vip lagi…
    siap deh lies barternya baju Palembang city ya… *hihihihihihi

  3. Fren, terus terang saya walo udah pnya npwp (mklum karyawan) belum paham benar, soalnya tau beres saja kan otomatis dibuatin sama pt, setelah baca tulisan diatas ada tambahan buat saya pribadi, thanks.

  4. untung belum kena😀 masih dbawah umur

  5. Posted by Agung Anugrahjati on Februari 24, 2009 at 9:10 am

    ada pengembalian kelebihan pajak nggak sih? denger-denger dari temen setelah mereka keluar kerja dapet uang pengembalian sisa pajak. maklum potongan pajak gede banget nih kerasa euy…🙂

    Ardhie say :
    ada kang, tapi untuk PPh Pasal 21 bisanya cuma di kompensasi

  6. Posted by tie on Maret 19, 2009 at 3:25 am

    siang mas,abang wong palembang,,
    begini da yg mo aq tanyakan tentang WP OP
    saya adalah krywn +owner dr perusahaan yg saya bina skrg cmn kbtl skrg br penyampaian SPT WP OP nah untuk lbh jlsnya kira2 formnya gmn yah(1770/1770s) soalnya dsn yg da 4 org owner cmn 2 org yg aktif 2 org lg pasif,,
    mohon info nya ya abang,,

    terima kasih

  7. Posted by king tezuka on Maret 30, 2009 at 2:23 am

    waduh walau baru lulus dan langsung jadi staf pajak
    jujur masih agak takut jga c
    untung da kak ardie
    makasih y………

  8. mas, saya tanya donf sebenarnya NPWP itu utk badan atau pribadi?
    apa tiap usaha yg kt pny (baik pribadi maupun badan) harus melampirkan SPT?

  9. Posted by Andelijon on Februari 23, 2010 at 12:40 pm

    istri saat 2 thn yll masih kerja, punya npwp sendiri. sekarang jadi ibu RT, sampai kapan akan di laporkan NIHIL terus. apabila tdk di laporkan sanksi nya apa? karena nilainya sdh tdk ada ( NIHIL ).
    bagaimana cara agar NPWP ini di non-aktifkan saja biar gak lapor lagi…tolong info nya. terima kasih

  10. I was suggested this website via my cousin. I am no longer positive whether this publish is
    written via him as nobody else recognize such precise approximately my problem.
    You are wonderful! Thanks!

  11. Hi there very nice website!! Man .. Excellent .. Wonderful .
    . I will bookmark your blog and take the feeds additionally?
    I am satisfied to seek out numerous useful info right here within the put up, we’d like develop extra strategies in this regard, thank you for sharing. . . . . .

  12. I believe everything said made a ton of sense. However, consider this, suppose
    you added a little information? I ain’t saying your content is not solid., however what if you added a post title that grabbed people’s attention?
    I mean Kewajiban Perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) | Ardhie’s Zone is a little vanilla. You could peek at Yahoo’s front page and note how they create
    article headlines to get viewers interested. You might add
    a video or a related picture or two to get people
    interested about what you’ve written. Just my opinion, it would bring your blog a little livelier.

  13. Hi there everyone, it’s my first pay a visit at this web site, and piece of writing is genuinely fruitful in favor of me, keep up posting these content.

  14. Hi there, I read your new stuff daily. Your writing style is witty, keep doing what you’re doing!

  15. Hi everyone, it’s my first pay a quick visit at this website, and article is truly fruitful in favor of me, keep up posting these types of posts.

  16. Hey there! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew where I could get a captcha plugin for my comment form?
    I’m using the same blog platform as yours and I’m having difficulty finding one?
    Thanks a lot!

  17. Have you ever thought about adding a little bit more than just
    your articles? I mean, what you say is important and all. However imagine if you added some great
    graphics or video clips to give your posts more, “pop”!
    Your content is excellent but with images and videos,
    this blog could undeniably be one of the very best in its niche.

    Excellent blog!

  18. Very good post. I am facing some of these issues as well.
    .

  19. It’s truly very difficult in this full of activity life to listen news on TV, thus I only use internet for that reason, and take the most up-to-date news.

  20. I all the time emailed this webpage post page to all my contacts, as if like to read it
    afterward my friends will too.

  21. Hurrah! In the end I got a web site from where I be able to
    actually take valuable data regarding my study and knowledge.

  22. Great article! We will be linking to this great article on our website.
    Keep up the great writing.

  23. There is definately a lot to learn about this topic. I love all of the points you have
    made.

  24. Wonderful blog! I found it while surfing around on Yahoo News.
    Do you have any suggestions on how to get listed
    in Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Cheers

  25. Howdy, i read your blog occasionally and i own a similar one
    and i was just curious if you get a lot of spam remarks?

    If so how do you stop it, any plugin or anything you can advise?

    I get so much lately it’s driving me mad so any support is very much appreciated.

  26. This design is wicked! You certainly know how to keep a reader entertained.
    Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well,
    almost…HaHa!) Excellent job. I really enjoyed what you had to say,
    and more than that, how you presented it. Too cool!

  27. An intriguing discussion is definitely worth comment.

    I do think that you need to publish more about this topic, it
    might not be a taboo subject but typically people don’t speak about these subjects. To the next! Many thanks!!

  28. Hi there Dear, are you genuinely visiting this web site on a regular basis, if so then
    you will definitely obtain fastidious knowledge.

  29. Hi! I understand this is somewhat off-topic however I had to ask.
    Does operating a well-established blog such as yours require a
    massive amount work? I am completely new to blogging but I do write in my diary daily.

    I’d like to start a blog so I can easily share my experience and feelings online. Please let me know if you have any recommendations or tips for brand new aspiring blog owners. Thankyou!

  30. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on
    the video to make your point. You definitely know what youre talking about, why throw away your intelligence on just posting videos to your blog when you could be giving us
    something enlightening to read?

  31. You actually make it seem so easy along with your presentation but I find this matter to be really one thing that I think I’d by no means understand. It kind of feels too complex and extremely large for me. I’m looking
    ahead to your next publish, I’ll attempt to get the hang of it!

  32. Hello! I understand this is sort of off-topic however I had to ask.
    Does managing a well-established blog such as yours require a lot of work?
    I am completely new to blogging but I do write in my diary daily.
    I’d like to start a blog so I can share my own experience and feelings online.
    Please let me know if you have any kind of recommendations
    or tips for brand new aspiring blog owners. Thankyou!

  33. I visited multiple blogs except the audio
    feature for audio songs present at this web page is in fact marvelous.

  34. Posted by ellen on Januari 23, 2014 at 5:55 am

    Mas gmn cara nya men non aktifkan no pajak soalnya saya bikin dl buat sekolah ke luar skrg malah jd ibu rumah tangga. Kynya repot aja bikin laporan tiap thn.

  35. informasi wajib pajak belum benar-benar di pahami oleh banyak orang, tulisan diatas sangat membantu para wajib pajak untuk memahami kewajibannya sebagai wajib pajak.

  36. Cocok nih buat tambahan pengetahuan tentang pajak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: