Tips GoKil buat batere Notebook Ngedropp

image270Judul yang AnEh….

Sebenarnya saya agak ragu ketika hendak membuat postingan ini tapi karena kejadiannya saya alami sendiri, saya pikir apa salahnya kalo pengalaman tersebut saya share melalui blog ini siapa tau ada blogger lain atau pembaca yang kebetulan nyasar mampir ke sini mau berbagi info yang lebih valid ‘n sangat ilmiah yang berkaitan dengan batere notebook melalui kolom komentar. * ngarep mode : on *  :)  yooi lanjuuuut

Ceritanya begini, sekitar 4 bulanan ini batere notebook (Compaq Presario V1000) yang biasa saya pake udah ngedroop sebab musababnya karena tuh notebook pernah saya diamin nggak saya pake kurang lebih 3 bulan yang setahu saya sih sebelumnya tuh batere nggak ada riwayat ngedrop.

Ada niat sih buat beli batere yang baru karena sangat menganggu sekali baru 15 menit power suplynya di cabut dari stopkontak listrik eh baterenya udah abis lagi sebelkan…

Kebetulan waktu itu ada temen yang mau ke Dusit (Mangga Dua) buat beli Hardisk external tanpa ba bi bu saya titip aja uang Rp. 300 ribu buat beli batere notebook, saya pesen ke temen “bro kalo harganya berkisar Rp. 300 ribu tolong beliin ya tuh batere kalo di atas itu di cancel aja, neh contoh baterenya”. “Siiip coy” jawab temen saya .

Wah ternyata I am not lucky harganya berkisar Rp. 500 ribuan, mahal juga tuh komponen ya …

Pada waktu mengembalikan batere notebook ke saya temen saya bilang gini “dhie ada saran dari temen gw katanya coba batere itu lo masukin ke Kulkas kemungkinan batere lo kering”. “apa kulkas ??? yang bener lo kayak makanan aja tujuannya apa bro ?” tanya saya penasaran. “wah gw nggak tau pasti yang jelas dia pernah coba buat batere notebooknya yang kebetulan ngedrop dan ternyata eksperimennya berhasil” jawab temen saya sedikit bimbang.

Dengan seribu tanya di kepala akhirnya saya turutin juga saran teman saya, tidak tanggung – tanggung tuh batere saya bungkus pake plastik sampe 3 lapis. Saya simpan di rak paling bawah yang kebetulan kosong dari makanan saat itu jam 21.15 wib.

Paginya saya keluarin tuh batere dari kulkas, wuiiihhh dingin kayak es karena embunya masih banyak saya biarin aja sampe sore setelah suhunya bener – bener normal baru saya pasang di notebook.

Terus terang saya deg degan juga waktu mau colokin power suplynya ke listrik takut ada apa – apa, takut korslet, takut meledak kayak boom ( campur aduk deh) dengan baca Bismillah 3x saya colokin power suplynya ke listrik…. eh ternyata aman – aman aja.

Dengan posisi Notebook OFF saya charge baterenya sampe lampu indukator batere nya mati yang menandakan betere telah terisi penuh.

Lalu saya pencet tombol ON (baca Bismillah lagi), Notebooknya running seperti biasa sampe 15 menit pertama nggak ada apa – apa, pun sampe 1 jam level indikator baterenya masih 96% wah wah wah ternyata berhasil, indikator low batere- nya muncul setelah saya pake 2,5  jam (aplikasi pemutar musik nggak dijalanin) cihuuuuuy berhasil…berhasil….. berhasil….. lihat aja perbedaannya

untitled2setelah di pake 1 jam abis di masukin ke kulkas

untitled3

waktu batere sering ngedroppp, indikatornya bener – bener membingungkan????

nb : tips gOkiL itu bener” pengalaman pribadi kalo ada yang mau coba silahkan kalo emang batere notebook anda ngedrop juga tapi segala kemungkinan buruk di tanggung sendiri ya… wuakakakaka.

Nah Kalo yang ini Tips merawat Batere Notebook yang saya dapat dari Massage Popup Kantor.

  • Saat mulai mengisi batere, jangan gunakan batere sebelum terisi penuh. Jika Anda menggunakan batere baru yang akan diisi pertama kali, batere itu mungkin tidak terisi sepenuhnya karena karakteristik bahan kimia di dalamnya. Untuk mendapatkan kinerja yang optimal, seluruh sel batere tersebut harus diaktifkan. Caranya adalah dengan mengisi dan mengosongkan sepenuhnya batere notebook Anda sebanyak tiga kali berturut-turut. Hal ini juga berlaku untuk batere yang lama tersimpan atau tidak terpakai selama beberapa bulan.
  • Jika Anda menggunakan betere Nikel Metal Hydrida (Ni-MH), cobalah untuk mengosongkan batere Anda sepenuhnya setiap beberapa waktu (minggu/bulan) sekali. Pengosongan total ini ditandai modus hibernasi atau indikator batere menunnjukkan tingkat 0%. Pada situasi ini, Anda bisa mencolokkan adapter notebook Anda dan mengisi batere sampai indikator menunjukkan tingkat 100%
  • Jika berencana menyimpan notebook Anda dalam jangka waktu lama, lepaskan batere dari notebook dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering. Tempat yang bisa dipakai untuk menyimpan batere ini misalnya ruang berpendingin udara atau ruang dengan sirkulasi udara yang cukup baik.

38 responses to this post.

  1. mas untungnya ngk jadi es bul-bul tuh baterai…hihi
    tp bagus juga..do’ain aja biar aku bisa beli laptop…

    Ardhie say:
    tadinya saya juga gtu rix bakalan jd es tuh batere….hehehe
    saya do’ain supaya cepet beli laptop

  2. Waduh…kebetulan banget. Ntar Bendol coba.
    Tapi naruhnya bukan di freezer kan?
    Makasih bang….

    Ardhie say :
    boleh di coba tuh om Bendoll siapa tau bisa
    kalo saya ‘g di freezer

  3. Dulu pernah nyoba masukin baterai handphone ke freezer dan ternyata lumayan ga ngedrop lagi. Baru tau kalo itu berlaku juga untuk baterai notebook.
    Tapi bateraiku baik2 aja sih sekarang😛

    Ardhie say :
    wah ternyata batere handphone juga bisa ya…
    thanx sharing infonya
    lam kenal aza

  4. kalau batre AAA, mas? hwahahaha… salam kenal!

    Ardhie say :
    blom pernah nyoba mas di4z
    salam kenal juga

  5. hehehe… jadi pengen nyobain batere leptop saya yang suka ngedrop… thank’s bro…

    Ardhie say :
    wah bisa itu broo siapa tau bisa😀

  6. kekekekek.. displaynya bener2 mbingungin yaa…

    anyway,, kalo yang gue tau masukin ke kulkas ituh, HDX alias hardis external.. kalo udah ga bisa dibaca lagi, masukin ke freezer kulkas, dan nanti bisa dibaca lagi jadinya..

    *tapi sampe sekarang gue ga berani.. takut rusak.. kulkasnya…😛

    Ardhie say:
    bingung juga kan??
    wah patut di coba tuh mas😀

  7. untung batre presario V3000 pinjam kantor masih bersahabat🙂

  8. itu tipsnya memang gokil. tapi bagus banget… semoga batre leptopku baik2 aja..

  9. wah saya juga pernah coba trick menyimpan batre di kulkas ,pengalaman ini saya dapat ketika memasukan kerupuk ke kulkas dan bisa kriuk lagi, ternyata batre notebook yang saya coba juga bisa up lagi …….

  10. Nah ….. Ini dia Tips-nya🙂
    Meskipun Lom punya laptop Pribadi …..😦 tapi minimal Laptop Kantor jadi bisa hemat batere-nya

    Salam
    Kang tatang

  11. Posted by systray on April 3, 2009 at 5:25 pm

    thanks bro.. ntar mo dicobain..moga success juga

  12. Makasih tips-nya….

  13. eh beneran? maca cih? ah cobaaa aahhh… di taro di kulkasnya berapa jam? batre acer sayah juga udah drop bangets, jadi ga pernah sayah pake lagih😦

  14. Posted by Foxill on April 22, 2009 at 2:49 am

    Gw pernah dapet tip dari penjual notebook, kalo pake AC power maka batere harus dicabut, karena kalo batere terpasang maka dia ikut dipanaskan yang mempercepat kekeringan larutan bahan kimia di dalamnya.

  15. Bukan Gokil, tapi memang ada “Bacaannya, hehehhe

    Rumusan dari Svante Arrhenius (1889) yang menjelaskan hubungan suhu dengan kecepatan reaksi kimia.

    Baterai bekerja dengan mengubah energi kimia menjadi energi listrik yang dikenal dengan proses discharge. Semua baterai memiliki karakteristik yang mengalami kehilangan muatan (charge) secara pelahan dengan berjalannya waktu (dikenal sebagai baterai seft-discharge). Komponen baterai juga dapat mengalami deteriorasi (seperti korosi yang terjadi pada seng dalam baterai seng-karbon) atau penguapan (misalnya kehilangan air karena penguapan). Seperti juga reaksi-reaksi kimia lain, reaksi ini juga memiliki kecepatan reaksi tertentu yang konstanta kecepatan reaksinya merupakan fungsi dari temperatur. Jika seandainya mekanisme reaksinya melibatkan satu langkah penentu kecepatan reaksi, maka konstanta kecepatan reaksi dari langkah elementernya akan dapat dijelaskan berdasarkan hukum Arrhenius. Hukum ini secara kuantitatif memberikan gambaran bagaimana hubungan antara kenaikan kecepatan suatu reaksi dengan kenaikan temperatur. Secara umum, semakin tinggi temperatur penyimpanan maka semakin besar kecepatan reaksinya. Sehingga untuk beberapa baterai, reaksi discharge dan deteriorasi akan menjadi lambat jika disimpan pada temperatur rendah. Baterai hidrida logam nikel (nikel metal hydrid, NiMH) memiliki kecepatan self-discharge 0,8%/hari pada temperatur 20 oC, tetapi pada 45 oC menjadi 6%/hari. Demikian juga untuk baterai biasa (nonrechargeable) seperti sistem Zinc-carbon atau alkalin-mangan perbedaan umur penyimpanan akan sangat besar bila disimpan pada temperatur rendah.

    Penjelasan teoritiknya adalah sebagai berikut. Pada 1889 seorang ahli kimia dari Swedia yang bernama Svante Arrhenius mengatakan bahwa suatu reaksi kimia baru akan terjadi jika molekul-molekul yang bertabrakan memiliki suatu energi kinetik minimum tertentu. Jika dua buah molekul bertabrakan dengan energi kurang dari energi minimum ini maka molekul-molekul ini akan berbalik tanpa mengalami perubahan kimia. Energi ini disebut energi aktivasi (Ea). Jika reaksi diberi ‘energi’ sehingga melampaui energi kritis ini maka reaktan akan berubah menjadi produk. Kenaikan temperatur akan memberikan energi pada reaksi dan konstanta kecepatan reaksi menjadi naik. Hubungan antara konstanta kecepatan reaksi dengan temperatur dalam Kelvin dan energi aktivasi adalah sebagai berikut k=Ae-Ea/RT atau lnk= lnA -Ea/RT dengan A adalah faktor pre-eksponensial atau faktor frekuensi. Semakin besar temperatur T maka konstanta kecepatan reaksi k juga akan semakin besar, artinya reaksinya juga akan semakin cepat.

    So… jadi betul kan mengapa baterai jika tidak digunakan sebaiknya disimpan di tempat yang dingin seperti lemari es itu.

  16. @Dony
    thanks a lot atas sharing infonya semoga bermanfaat bagi yg lain. Salam Kenal🙂

  17. Wah, pas banget nemu artikel ini.. hehehe.. coba ahhhhh..
    Thanks sharingnya mas…

  18. beneran udah saya coba.. berhasil euy.. ajaib.. hehehehe.. thanks sharingnya

  19. Posted by Abrooo on Juli 30, 2009 at 9:24 am

    wah broo gimana klo posisinya kebalik, alias kulkasnya yang drop… bisa nga yah klo di masukin ke baterai laptop.. wakakakaka

  20. hahaha.. dulu gw jg pernah coba nih teknik bwt HP jadulnya bokap, soale baterainya udah gk ada yg jual, susah nyarinya.. waktu itu baterai HP gw bungkus pake tisu trus gw lakban sampe rapi. kemudian gw taruh di freezer kulkas selama 42jam, lebih jg gk papa. alhamdulillah, sembuh..

  21. Posted by reyno_kenzo on Desember 6, 2009 at 11:31 am

    sbenernya gw dah lama tau trik ini dr majalah, tp gw blm brani praktekan.
    kbetuln ada tmn yg batre HPnya (SE) ngedrop, gw saranin agar d taruh d kulkas (d bngkus plastik jg) semalam trus d jemur 1 jam/ampe kering. lah… kok malah batrenya g bisa d charge/cas lagi. langsung deh gw kena umpat2. alhasil, gw tmbah g brani coba mempraktekannya.
    wkwkwk…

  22. siaaalll gan..
    ane td nyimpen batrenya di kulkas kemarin..
    tp tadi siang ane ambil udh kagak ada..
    dibuang ama nyokap gw..😦

  23. Posted by j1e108048 on Februari 4, 2010 at 8:10 am

    aq pernah jg dengar ne info..tp buat batrai hp,,

  24. wah mas makasih tips gokilnya…….
    jujur ane lagi kebingungan neh gara2 baterai laptop ngedrop….
    mal’um ane anak kosan yang frekuensi punya duit jarang banget…
    terus bereksperimen lagi ya mas…….

  25. Makasih tipsnya mas…, Pas kebeneran nih baterai laptopku dah ngedrop…. patut dicoba.

  26. wah gw jg prnh coba tuh bt batere PDA jadul gw (beli taon 1996). masi kuat stanby 2 hr heheh

  27. Posted by Dmp on Juni 15, 2010 at 5:59 am

    Haha, batrai laptop gw skarang lg dirawat di dalam kulkas. smoga lekas sembuh.

  28. Bagus.. bagus.. bagus.. Hmm..sepertinya hal ini harus disampaikan ke produsen kulkas supaya menyediakan tempat khusus untuk batre HP atau mungkin batre2 yang lain..😀

  29. Posted by Sigit on Maret 24, 2011 at 12:54 am

    lepas dari kulkas(berapa jam siap d pasang), gimana tau siap dipasang ato belumnya (tingkat kekeringan), biar g basahi perangkat lainnya?

  30. mantap tipsnya…sayangnya batere gw dah pernah jebol gara2 keseringan colok walau dah penuh…skg pake power AC aja

  31. wah, tipsmya gokil beneran ya😀 tapi kdu nekat nih,, hhi.. mau praktek juga kang😀
    dipraktekin ke baterai hape atau yang lainnya bisa nggak ya?

  32. gw udh nyoba untk baterai handphone,dan ternyata bukany tahan lama malah batre gw malah hamil 7bulan alias ngembung..!!! gatot cuuuyy

  33. ane dah nyoba gan sama persis urutan langkah2 yang agan lakukan tapi tetap gak ada perubahan -_-”
    PARAH!

  34. Posted by buchari on Juni 13, 2012 at 9:01 am

    saya sedang mencoba

  35. wah,bisa dicoba neh kebetulan baterai gw juga ngedrop…td nya kepikiran mau beli,..thanx….

  36. Posted by Laras Ervintyana on Januari 7, 2013 at 10:23 pm

    wah gan…pas baterainya di taro di kulkas keaadaannya gimana, ter cash 100 persen atau kosong…?

  37. Nice Info gan…
    Ijin Share…

  38. Posted by ikram on November 22, 2015 at 8:38 pm

    gan.. kalo kita masukan baterai laptop pada freezer apakah ada patokan khusus untuk temperatur kulkasnya.. hrus dinaikan temperaturnya atau temperatur kulkas pada umumnya…
    tolong infonya yaa gan,,

Tinggalkan Balasan

